Performancing Metrics


Palembang Society

Tradisi Lebaran

Label:
Hari Raya Lebaran merupakan hari yang paling dinantikan seluruh umat muslim di seluruh dunia, berbagai macam cara dilakukan untuk menyambut hari kemenangan ini. Dari beli baju baru, buat ketupat hingga menyajikan aneka kue lebaran. Hingga ke tradisi mudik, dapet THR dan meningkatkan tindak kejahatan (copet, jambret, pencurian dan perampokan).

Kue Lebaran

Tradisi menyajikan kue kering saat Lebaran sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Sejumlah toko yang menjual dan yang menawarkan kue kering dengan beragam warna dan bentuk pun laris manis diserbu pembeli. Pengusaha kue keringpun mulai memproduksi aneka kue dalam skala besar. Baik kue kering kiloan maupun yang sudah dikemas dalam toples. Pusat perbelanjaan dan mall-mall pun penuh dijejali oleh para pembeli.

Aneka kue kering yang biasa menjadi incaran para pembeli seperti kue nastar dan kue keju menjadi favorit pembeli melebihi yang lainnya. Namun kue kering lainnya tak kalah menarik untuk dijadikan incaran para ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri.

Perlukah baju baru untuk lebaran ???

Satu lagi tradisi saat lebaran, ”Baju Baru”. Tradisi beli baju baru, sepatu baru, celana baru, tradisi diskon besar-besaran, menjadi tren tersendiri khususnya kawula muda dari kalangan bawah sampai kalangan atas, berbondong-bondong menyerbu pasar membeli baju baru. Mall, Supermarket, Pasar tradional dan pasar-pasar lainya mendadak ramai dan sesak, penuh dengan penjual dan pembeli. Dalam kondisi seperti ini biasanya pembeli tidak peduli dengan harga, dan penjual pun masa bodo yang penting laku.

Nah bagi yang budget-nya pas-pasan jangan asal pilih, jangan asal beli, pastikan bisa berhemat dan tentunya baju barupun bisa didapatkan dengan harga murah. Untuk itu cara hemat berbelanja baju baru buat lebaran dapat kita lakukan seperti :

1. Sebelumnya, pikirkan dahulu, apakah benar-benar memerlukannya atau hanya tergiur warnanya yang cantik?

2. Jika masih ada kesempatan untuk bersabar sampai ada obralan, biasanya tawaran ini ada di Mall dan atau supermarket menjelang Lebaran.
3. Pertimbangkan masak-masak, apakah baju yang akan dibeli tren modelnya hanya akan bertahan sebentar saja?

4. Sebelum memutuskan membeli, perhitungkan masak-masak, lebih murah beli baju siap pakai atau menjahit sendiri atau menjahitkan ke orang lain.

5. Saat hendak membeli rok atau blus, ingat-ingat, apakah Anda sudah memiliki padanannya yang pas sehingga tak perlu harus membeli rok/celana/blus lagi. Sedapat mungkin, beli pakaian yang dapat dipadu-padankan dengan mudah.

6. Agar lebih irit, belilah pakaian yang mudah perawatannya dalam arti tak perlu harus dibawa ke laundry saat hendak dicuci.

7. Harus pinter nawar, jika penjual cerewet, pembeli jangan kalah cerewet

8. Sempatkan membuat catatan belanja sebelum pergi ke Mall atau Pasar agar tidak melebihi budget belanja anda.

9. Jika anda membawa istri atau pacar, jangan biarkan dia berkeliaran. (hati-hati banyak mode dan harga yang membiuskan)

Mudik !!!!

Tradisi mudik lebaran pasca ramadhan sudah mengalami trend oleh para mudikers untuk kembali ke kampung halaman, sungkem kepada keluarga, kerabat dan handai tolan. Meski lebaran masih lama, kan ada baiknya disiapkan sejak sekarang. Bagi perantau, mudik dengan kendaraan sendiri adalah keharusan. Makanya pemerintah, dalam hal ini Departemen Perhubungan, senantiasa mempersiapkan segala keperluan kita agar mudik lebaran menjadi aman dan nyaman.
Inilah asyiknya berlebaran di negeri kita, selain ketupat yang khas, mudik juga lebih khas. Makanya sebelum mudik, pastikan anda sudah mempersiapkan segalanya. Perhatikan pengumuman dari pemerintah tentang jalur atau rute perjalanan yang aman, agar anda dapat sampai ke tujuan dengan nyaman dan selamat.
Berikut beberapa tips yang perlu anda perhatikan, mulai dari kendaraan sampai pada tips bagi sang 'driver", sebagai berikut :

  1. Bagian yang paling penting adalah mesin kendaraan. Perisksa dan bersihkan karburator, filter udara, filter bbm dan ganti busi; lakukan tune-up secara menyeluruh.
  2. Ganti oli mesin yang berkualitas agar mesin prima.
  3. Ganti oli transmisi (baik yang manual ataupun matic) agar performa sistem transmisi sempurna.
  4. Periksa kondisi rem dan cairan rem (brake fluid) dan pastikan sistem pengereman bekerja sempurna.
  5. Periksa accu, pastika air aki cukup agar sel-nya dapat menyimpan listrik lebih baik.
  6. Periksa tekanan ban, biasanya petunjuk tekanan ban terdapat di pintu pengemudi. sipakan selalu ban serep, kunci roda dan dongkrak.
  7. Periksa kondisi lampu dekar, lamu jauh, sein dan lampu hazard. bawa lampu dan sekering cadangan.
  8. Bawa juga perlengkapan P3K, segitiga pengaman, senter dan jika perlu GPS.

Tips berikut khusus buat pengemudi :

  1. Cukup istirahat palling tidak sehari sebelum berangkat;
  2. Tentukan waktu perjalanan, jangan terlalu malam agar tidak mengantuk;
  3. Jangan konsumsi obat yang menyebabkan kantuk;
  4. Makan dan minum cukup agar tubuh terasa fit dapat juga minum vitamain atau supplemen;
  5. Pelajari rute perjalanan dan rute alternatif jika perlu
  6. Catat nomor telepon penting, seperti nomor telepon Polisi, Posko-posko untuk bantuan darurat
  7. Jika anda akan menggunakan jasa penyeberangan, pastikan anda membeli tiket dan mengantrilah menuju ke kapal;
  8. Berdo'alah sebelum berangkat dan hindari kebut-kebutan yang tidak perlu.
Nah kalau kita sudah mempersiapkan segala hal yang kita perlukan untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara (mudik), tentu kita akan lebih percaya diri untuk mudik. Mudik memang sudah menjadi tradisi di negeri kita, tujuannya adalah untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga dan handai-taulan. Tentu kedatangan kita menjadi harapan mereka.
selamat mudik...
(dari berbagai sumber)
0 komentar:

Posting Komentar


Powered by  MyPagerank.Net

Followers

Journalist Blogs - BlogCatalog Blog Directory

My Blog List

Journalist Blogs - BlogCatalog Blog Directory
http://www.flickr.com/photos/25813016@N05/show/